Gerakan Kebaikan 4 Organisasi Pelajar Bekasi

Gerakan Kebaikan 4 Organisasi Pelajar Bekasi

         
Gerakan Ramadhan Penuh Kebaikan (GEMAKAN). Masjid Al Amin Balai Patriot, Kantor Walikota Bekasi. Minggu (24/03/2024).

                            
Bekasi__Hallo Sobat Jurnalis! 4 Organisasi Pelajar Kota Bekasi yaitu Ikatan Osis Se-Kota Bekasi (IKOSI), Ikatan Rohis Kota Bekasi (IROSI), Generasi OSIS Se-Kota Bekasi (GENOSI) dan Jurnalistik Muda Kota Bekasi (JMKB) telah melaksanakan kegiatan Gerakan Ramadhan Penuh Kebaikan yang disingkat “Gemakan” di Masjid Al Amin Balai Patriot, Kantor Walikota Bekasi pada Minggu (24/03/2024).

Gemakan merupakan acara gabungan 4 Organisasi Pelajar Kota Bekasi yang dihadiri ratusan pelajar SMP dan SMA/SMK dari Kota dan Kabupaten Bekasi. Dengan mengusung tema "Merajut Kebaikan dalam Bingkai Persaudaraan". Acara ini bermaksud memberikan inspirasi kepada pelajar agar meningkatkan kebaikan di bulan suci Ramadhan. 

Hadir narasumber yaitu Ibu Ir. Hj. Chairun Nisa, M.M. sebagai motivational speaker womanpreneur yang memberikan pesan kebaikan tentang sikap yang musti dimiliki sebagai generasi muda. Beliau menuturkan berbagai edukasi kesadaran kebaikan melalui aksi sosial, membangun jaringan, pelopor perubahan dan membangun keterampilan komunikasi. Serta mengingatkan tentang penggunaan teknologi secara positif. 

"Ada 6 cara merajut kebaikan dalam bingkai persaudaraan, diantaranya ialah : edukasi dan kesadaran, aksi sosial/kegiatan kolaboratif, membangun jaringan, menjadi pelopor perubahan, membangun keterampilan komunikasi dan menggunakan teknologi secara positif. Kita semua harus memiliki sikap-sikap ini," ucap Bu Chairun Nisa.

Beliau juga membahas mengenai keberagaman toleransi yang ada Indonesia, dengan adanya fenomena "War Takjil" ini merupakan suatu kebahagiaan dan hiburan tersendiri untuk kita semua. 

"Fenomena ‘war takjil’ saat ini menunjukkan perbedaan akan tetapi bukan halangan untuk terus merawat Indonesia." tandasnya.
       

                              
Sementara itu, Fakhriyah Khoirun Nisa dari SMA Negeri 1 Bekasi selaku Ketua Pelaksana menyampaikan mengenai terlaksananya kegiatan ini yang direncanakan oleh 4 Organisasi Pelajar, alasan pemilihan tema ini karena berharap terciptanya sikap positif dan persaudaraan yang kuat, juga latar belakang dilaksanakannya gerakan ini, dimana kegiatan 'Gemakan' ini dilatarbelakangi oleh harapan agar para pelajar semakin meningkatkan jiwa empati nya terhadap sesama melalui kebaikan-kebaikan.

"Kami harap dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi inspirasi bagi para pelajar untuk lebih meningkatkan kebaikan," jelas Nisa.

Selanjutnya, peserta acara dari SMK N 12 Kota Bekasi, Muhammad Farish Irawan memberikan testimoni tentang acara ini 
"Saya senang datang ke acara ini. Walaupun dari sekolah saya, hanya saya sendiri. Tetapi saya senang karena banyak pelajaran yang saya dapatkan disini." Ucap Farish.

Testimoni lainnya juga diberikan oleh Putri Ayla Rahmanuri dari MAN 1 Kota Bekasi dan Almaghfira Cahya Anindya SMP 3 Bekasi seperti, "Saya harap tahun depan acaranya dapat menjangkau wilayah yang lebih luas lagi dan lebih banyak peserta. Tapi acara kali ini juga sudah sangat seru kok."

Juga dari Achmat Zakki Zain MAN 1 Kota Bekasi dan Dzaki Eka Putra SMKS Sandikta dengan mengatakan "Acaranya seru dan ada banyak manfaat yang bisa saya dapatkan."

Selain itu, acara dikemas dengan hiburan yang kekinian, dengan adanya ice breaking yang mencairkan suasana dan door prize yang membuat suasana menjadi ramai dan menarik. Ditambah penampilan dari hadroh menjadikan jalannya acara lebih hangat, asyik, dan menyenangkan.

Bagaimana sobat jurnalis? Seru kan kegiatannya? 

Harapannya, melalui Gemakan dapat menumbuhkan rasa toleransi terhadap sesama, memperkuat ikatan kekeluargaan sesama manusia, meningkatkan peduli berbagi kebaikan pada sesama, dan menambah relasi serta menjalin silaturahmi. 


Penulis : Rinda Raya Ramtono
(SMA Negeri 21 Bekasi)


JURNALISTIK MUDA KOTA BEKASI



Penanggung jawab : Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat

Pemimpin Redaksi : Kokom Komariah, S.Si.

Pembina : Ahmad Bani, S.Pd.

                                       Salsabila Naqiyah, S.Si.

                                       Asep Nurhidayat, S.Pd

                                       Kokom Komariah, S.Si.

Instagram : @swarasiswa

Tim Liputan : Tim Jurnalistik Muda Kota Bekasi Gen 12
Share on Google Plus

About Swara Siswa

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

1 komentar: