Mengenang jasa Pahlawan Revolusi G30S/PKI dalam Upacara Kesaktian Pancasila

Peristiwa 30 September hingga 1 Oktober 1965 yaitu peristiwa pembunuhan dan ditemukannya 7 Jenderal pahlawan revolusi yang dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI) melalui sebuah gerakan kudeta G30S/PKI, setiap tahun selalu diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila.
Dalam memperingati kesaktian pancasila, Smk Karya Guna Bhakti 1 Kota Bekasi menggelar upacara  di lapangan sekolah, pada hari selasa (1/10/2019).
 Antusias seluruh pihak Smk Karya Guna Bhakti 1 Bekasi cukup senang walaupun mereka merasakan Cuaca pagi begitu terik. Pada dasarnya kita tau bahwa kemerdekaan itu didapat dengan susah payah dengan penuh pengorbanan cucuran darah, keringat, air mata bahkan nyawa.
Selama Upacara berlangsung dilaksanakan dengan semangat, khidmat dan tenang. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Sekolah, Staf, Guru, dan siswa/i kelas X, XI dan XII. Upacara dipimpin langsung oleh Kepala Sekolah Smk Karya Guna Bhakti 1 Kota Bekasi sebagai pembina upacara.
Dalam sambutannya, Bapak Pentaryanto, S.Pd, selaku pembina upacara  menjelaskan bahwa Ideologi adalah dasar negara kita indonesia untuk itu saya  menghimbau seluruh peserta upacara agar tetap mengamalkan nilai-nilai positif yang terkandung dalam pancasila. Maka tentunya dengan cara belajar dengan tekun, menaati peraturan sekolah, menghormati guru, dan disiplin dalam segala bidang, kekompakan persatuan dan kesatuan antar kelas kearah yang positif. Pergolakan yang terjadi pada tahun 1948 sampai 1965 yang dikarnakan adanya perbedaan Ideologi adalah ditimbulkan dari oknum - oknum yang tidak sepaham dengan ideologi pancasila, mereka adalah PKI yang bercita - cita menjadikan negara indonesia menjadi negara yang berideologi komunis. Sebagai puncak pemberontakan PKI dilakukan pada hari kamis 30 september 1965.Dan pancasila tetap terjaga kemurnian sampai saat ini, pancasila pun menunjukan kesaktiannya karna rencana PKI bermaksud memusnahkan pancasila tapi ternyata dapat digagalkan dan sampai hari ini pancasila tetap terjaga dan bisa kita kumandangkan setiap upacara pengibaran bendera merah putih, dari sinilah awal mulanya hari kesaktian pancasila diperingati." Ujar Bapak Pentaryanto, S.Pd"
"Maka dari itu pancasila harus tetap kita pertahankan dan kita amalkan nilai-nilai luhurnya dalam kehidupan sehari-hari, Baik di lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, maupun di masyarakat, sampai negara. Saya yakin negara akan menjadi tentram dan sejahtera.bangsa akan semakin kokoh, kuat dan semakin jaya." Lanjutnya.
Oleh karena itu, mari kita terapkan nilai - nilai pancasila, Cintai bangsa, bahasa, dan budaya Indonesia agar Negara Indonesia menjadi negara yang kuat dan Kesatuan.







Penulis        : Irfan Galih Nugroho (SMK Karya Guna Bhakti 1 Bekasi)
Photo by     : Junalistik SMK Karya Guna Bhakti 1 Bekasi
Share on Google Plus

About Swara Siswa

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar