Istilah Bahasa Gaul Bekasi




[Bekasi, 5 Januari 2016] Sebagai kota satelit Jakarta, Bekasi dihuni oleh masyarakat dengan etnis yang beragam dengan budaya dan bahasa yang beragam pula. Namun, hal itu tidak menjadikan Bekasi kehilangan identitasnya. Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat setempat untuk melestarikan budaya Bekasi, salah satunya dalam bidang bahasa.
Masih banyak diantara kita, generasi muda Kota Bekasi, yang tidak mengenal bahasa asli Bekasi. Bahkan, terkadang kita lebih menyukai bahasa “gaul” yang kebarat-kebaratan ketimbang bahasa daerah, khususnya bahasa Bekasi. Padahal sebenarnya, bahasa Bekasi pun tidak kalah keren dan menarik loh! Untuk itu, kali ini Swara Siswa akan membahas sedikit tentang istilah-istilah gaul ala bekasi.
1.    “Demenan”
Demenan merupakan bahasa Bekasi yang artinya orang yang kita sukai. Dalam bahasa gaul sendiri, kita mengenal istilah ini dengan “doi” atau “gebetan”.
2.    “Ilok”
Dalam bahasa sehari-hari, Ilok memiliki arti yang sama dengan “Masa sih?” atau “Serius?”. Ilok biasa diucapkan saat kita meragukan suatu pernyataan, contoh :
A: “Eh, kemarin ayam gue makan ikan!”
B: “lah, ilok?”
3.    “Bagen”
Bagen berarti “Biar saja!”, atau dalam bahasa gaul kita kenal dengan “whatever” yang artinya “Terserah”.
4.    “Awang”
Awang dalam bahasa gaul memiliki pengertian yang sama dengan “Mager”. Bagi kalian yang belum tahu, “Mager” merupakan kependekan dari “Malas gerak”. Awang sendiri dalam bahasa Bekasi memiliki arti malas.
5.    “Engkel”
Kalian pasti tahu LOL, kan? Yup, LOL atau laugh out loud merupakan istilah gaul yang berasa dari bahasa Inggris yang artinya tertawa keras. Istilah ini sangat populer di kalangan anak muda masa kini. Dalam bahasa Bekasi sendiri, kita memiliki istilah “Engkel” yang artinya tertawa geli.

            Terbukti kan, bahasa Bekasi juga tidak kalah menarik dari bahasa gaul yang sering kita ucapkan. Jadi, tunggu apa lagi? Mari kita lestarikan bahasa Bekasi!



Repoter/Penulis : Olivia Puspita Dewi (SMAN 1 Bekasi)
Photo (Summarecon Bekasi) by pic.twitter.com/W54niumhUV

Share on Google Plus

About akram de rafli

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.