KENAKALAN REMAJA MENJADI SALAH SATU MASALAH SOSIAL

 Kenakalan Remaja Menjadi Salah Satu Masalah Sosial

Masalah sosial yang terjadi dalam kehidupan sehari hari tentunya sulit dihindari atau dihilangkan. Butuh upaya besar untuk menyelesaikan masalah yang ada. Sebagian besar masalah sosial yang muncul disebabkan oleh lunturnya nilai atau interaksi sosial yang tidak sesuai.

Dikutip dari buku Pengendalian Masalah Sosial Melalui Kearifan Lokal (2019) oleh Mas rizal, berikut definisi masalah sosial "Masalah sosial adalah permasalahan yang muncul dalam masyarakat dan berhubungan erat dengan nilai sosial juga lembaga kemasyarakatan." Ujarnya.

Salah satu masalah sosial yang muncul di lingkungan masyarakat ialah kenakalan remaja. Misalnya bullying dan tawuran. 

Ciek Julyati Hisyam dalam buku Sistem Sosial Budaya Indonesia (2020), Beliau mengatakan “kenakalan remaja menjadi masalah sosial yang sulit dihilangkan. Salah satu alasannya karena remaja saat ini senang mempelajari hal baru, dan tidak tahu bahwa hal itu bisa berdampak negatif untuk dirinya serta orang lain” Sambung nya.

Salah satu alasannya karena remaja saat ini senang mempelajari hal baru, dan tidak berpartisipasi dalam sisi yang ditimbulkan. Permasalahan sosial seperti kenakalan remaja disebabkan oleh faktor Eksternal. Contohnya kebiasaan umum setempat bisa memengaruhi perilaku remaja. Kenakalan remaja menjadi masalah sosial yang bertentangan dengan nilai sosial.

Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kenakalan remaja, dengan  orang tua sebaiknya mengawasi tindakan dan selalu memberikan nasihat untuk penerus generasi remaja yang berkualitas.

Penulis Artikel : Calista Kirania (SMAN 1 Tambun Utara)



JURNALISTIK MUDA KOTA BEKASI


Penanggung jawab     : Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat

Penasehat                    : Asep Arwin Kotsara, M.Eng

Pemimpin Redaksi      : Kokom Komariah, S.Si.

Pembina                       : Ahmad Bani, S.Pd.

                                       Salsabila Naqiyah, S.Si.

                                       Asep Nurhidayat, S.Pd

                                      Kokom Komariah, S.Si.

Instagram                    : @swarasiswa

Tim Liputan                : Tim Jurnalistik Muda Kota Bekasi Gen 11

Share on Google Plus

About Swara Siswa

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar