Refleksi Satu Dekade Empat Organisasi Pelajar Bekasi, Tetap Solid Berkolaborasi.

Tepat sepuluh tahun (satu dekade) membersamai, empat organisasi pelajar (OPEL) terus mengajak solid dan kolaborasi meski pandemi setahun lebih melanda. Empat organisasi pelajar tersebut yakni Ikatan Osis Kota Bekasi (IKOSI), Ikatan Rohis Se Kota Bekasi (IROSI), Generasi Osis SMP (Genosi) dan Jurnalistik Muda Kota Bekasi (JMKB). Seperti kita ketahui, pandemi mengajarkan empat opel agar senantiasa semangat berkreasi dan produktif. Meski tertatih, seluruh kegiatan selama pandemi hanya bertatap muka serba online baik itu rapat koordinasi juga kegiatan-kegiatan se-kota bekasi ataupun per wilayah (zona) dari zona 1 sampai zona 4, bahkan diantara pengurus dan pembina pun hanya mengenal sebatas online. 

Ditengah pandemi, dengan pesatnya perkembangan teknologi yang luar biasa, ratusan pelajar dan pengurus empat opel tetap menghadirkan berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi pelajar seperti IKOSI Webinar Mental Health, IKOSI Be Craftest (Bekasi Handy Craft Contest), JMKB Creative (lomba design poster HUT RI ), IROSI Oasis “Obrolan Asyik Seputar Islam”, IROSI Competition, Training Manajemen Osis, Lomba Sejarah Batik oleh GENOSI dan lain sebagainya. Semua kegiatan dikemas dengan serba online, dan diminati pelajar kota bekasi serta daerah lainnya. Semua empat opel kontinyu memberikan informasi yang mencerahkan, mencerdaskan dan membawa kebaikan bagi seluruh pelajar Se Kota Bekasi. 

Diantara empat Opel ini, hanya IKOSI yang telah dahulu hadir lebih dari 10 tahun (dekade). Keberadaan IKOSI beranggotakan pelajar setingkat SMA dan sederajat, begitu juga IROSI dan JMKB, terkecuali Genosi khusus pelajar SMP. Sehingga dari segi kematangan organisasi, IKOSI sudah lebih “dilirik” oleh lembaga/instansi, organisasi umum atau sponsorship product sampai tingkat Provinsi, melalui kolaborasi dan supporting kegiatan. Opel  JMKB merupakan spesifik pelajar yang konsen dengan dunia jurnalis, diantaranya divisi artikel, photography dan videography. 

Seiring berjalan, lembaga Pemberdayaan Pelajar Trend Indonesia yang menaungi empat opel melakukan upaya koordinasi dengan pihak terkait seperti Dinas Pendidikan Jawa Barat, Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Kemenag Kota Bekasi serta unit organisasi lainnya yang menaungi. Tentu hal ini, atas kerjasama kolaborasi relawan pembina yang terus membersamai dan meningkatkan kapasitas pelajar dan pengurus empat opel (IKOSI, IROSI, JMKB dan GENOSI ) Kota Bekasi. 

Rekan pelajar seperti kita ketahui, umumnya kepengurusan organisasi ada periodisasi serta kaderisasi roda kepemimpinan. Pengurus setiap opel berjalan satu tahun sekali, dan rata-rata pelajar pengurus aktif di sekolah, baik osis, rohis atau ekskul jurnalis bagi JMKB. Setiap tahun dilakukan open rekruitment atau disingkat oprek untuk pergantian dan jejaring calon pengurus baru. Melalui tahapan opening pendaftaran, interview oleh pembina, sampai ada magang opel, semua dikemas publikasi secara online. Tahapan tersebut juga dikreasikan setiap opel dengan menjaring pelajar berbagai sekolah di Kota Bekasi dan sekitarnya. Setelah itu, tahapan menuju Musyawarah Besar(Mubes) penyerahan LPJ dan pemilihan ketua tiap Opel. Kemudian, tahapan akhir pelantikan untuk pengesahan kepengurusan yang baru. 

Meski ceremonial, pelantikan menjadi keharusan bagi empat opel. Alhamdulillah telah dilaksanakan di Ruang Multazam Islamic Centre Bekasi, pada Minggu(30/1/2022). Pelantikan berlangsung secara hybrid (online dan offline), diikuti puluhan pengurus mengusung tema ” Pelajar Kota Bekasi Solid di Tengah Pandemi Covid” dengan kehadiran perwakilan pengurus inti harian tiap opel terdiri dari ketua, sekretaris dan bendahara. Dihadiri Penasehat sekaligus pendiri empat opel, pembina empat opel, pengurus opel sekaligus puluhan calon pengurus yang dilantik.

Demikian rekan pelajar, buat kamu yang ingin kenal lebih dekat kegiatan 4 opel ini, dapat ditanyakan melalui sosial media Instagram. Silahkan ajukan pertanyaan melalui DM. 


Team Swara Siswa : 

  • Reporter               : Nazarina Wahid ( Siswa SMK Bina Murandika Putra )
  • Penulis Release  : Juliani ( Siswa SMKN 1 Bekasi ) dan Afifah ( Siswa MAN 1 Bekasi).
  • Editor                    : Ria (Pembina JMKB)


 




Share on Google Plus

About Swara Siswa

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar