Kisah Isra Mi’raj perjalanan Nabi Muhammad SAW ke Langit ke-7.


Isra’ yang bermakna perjalanan malam adalah peristiwa ketika Nabi Muhammad saw. Berangkat dari Ka’bah di Makkah ke Baitul Maqdis di Yerusalam. Jarak Makkah ke Yerusalem sekitar 1.239 kilometer yang pada sekitar 621 Masehi normalnya ditempuh dengan perjalanan kuda atau unta sekitar sebulan. Namun, Nabi Muhammad saw. Mencapainya hanya dalam semalam.

Sementara itu, Mi’raj, kenaikan, adalah peristiwa saat Nabi Muhammad dari Baitul Maqdis di Yerusalem ke Sidratul Muntaha, melewati 7 langit.

Nabi akhirnya tiba di Sidratul-Muntaha, yang merupakan simbol puncak pengetahuan yang paling mungkin dicapai makhluk. Dalam Surah an-Najm:17, yaitu

مَا زَاغَ الْبَصَرُ وَمَا طَغٰى 

Artinya: “Penglihatannya (Muhammad) tidak menyimpang dari yang dilihatnya itu dan tidak (pula) melampauinya”.

Peristiwa Isra dan Mi'raj yang dialami Nabi Muhammad SAW. Dilukiskan dalam Surah al-Isra:1, 

سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ 

Artinya: “Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari masjidil haram ke masjidil aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.”

Nabi Muhammad SAW. Menerima perintah salat dari Allah untuk umat Islam. Awalnya, jumlahnya 50 kali sehari. Namun, setiap kali Rasulullah turun, Nabi Musa mengingatkan beliau bahwa jumlah tersebut terlalu besar. Nabi diminta meminta keringanan, hingga tersisa 5 rakaat sehari semalam, dan beliau malu untuk memohon lebih sedikit lagi.

Isra Mi’raj adalah peristiwa yang disebut mukjizat. Sebab, dengan kecepatan yang sukar dinalar manusia biasa, Nabi Muhammad mengalami perjalanan begitu jauh dan hanya satu malam. Usai perjalanan Mi’raj ke langit tersebut, lantas Nabi Muhammad pun kembali ke Makkah dan menceritakan kisah Isra Mi’raj yang dialaminya. 

Namun, tentu saja, peristiwa ini sulit diterima oleh kebanyakan orang. Padahal Nabi Muhammad sudah memberi banyak bukti bahwa ia mengalami peristiwa tersebut. Ini sekaligus upaya menguji keimanan dari muslim yang saat itu memang masih sedikit. 

Salah satu bukti faktual yang dibawa Nabi adalah, ia melihat gerombolan musafir yang melakukan perjalanan dan sebentar lagi akan tiba di Mekah. Hal Itu pun terbukti, tapi banyak orang tidak mempercayai. Sejarah mencatat, Abu Bakar adalah orang pertama menerima tersebut. Gelar Ash-Shidiq pun disematkan kepada beliau yang bermakna ‘Orang yang teguh hatinya dan jujur’.

Itulah sejarah singkat perjalanan Nabi Muhammad pada sebuah malam yang dikenal dengan Isra Mi’raj. Peristiwa yang begitu memiliki arti dalam sejarah Islam. 

Adapun hikmah yang dapat kita ambil dari peristiwa Isra Mi’raj, diantaranya :

1. Kewajiban salat

Jika umumnya perintah dari Allah SWT ke Nabi Muhammad SAW disampaikan melalui perantara Malaikat Jibril, tidak demikian dengan salat. Allah SWT menyampaikan sendiri kepada Nabi Muhammad SAW tentang kewajiban salat ini.

2. Menguji keimanan

Perjalanan Isra Mi’raj yang sangat jauh dan dituntaskan hanya dalam satu malam saja tentu saja menuntut umat muslim untuk memercayai hal yang bersifat gaib. 

3. Waktu terbaik untuk berdoa

Waktu terbaik untuk berdoa menjadi hikmah Isra Mi’raj berikutnya yang bisa Anda dapatkan. Seperti yang kita ketahui, malam hari merupakan salah satu waktu terbaik untuk memanjatkan doa kita.  Tentu saja hal ini harus benar-benar dimanfaatkan dengan baik dengan cara memperbanyak doa dan juga ibadah sunah yang lain, seperti salat tahajud dan salat witir.

4. Hikmah dipilihnya malam hari

Perjalanan Nabi Muhammad SAW ke langit ke-7 dilaksanakan pada malam hari. Ada hikmah di balik Allah SWT memilih malam hari sebagai waktu dilaksanakan Isra Mi’raj ini.

Selain merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa, malam hari juga menjadi waktu yang sangat istimewa yakni pada saat malam Lailatul Qadar yang merupakan malam terbaik dari seribu bulan.

Marilah kita tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. hikmah dan juga kebahagiaan selalu menyertai kita semua. Serta syafaat dan bimbingan Rasulullah SAW selalu menjadi pedoman hidup yang sejati. Selamat Isra Mi’raj 1443 Hijriyah.


Penulis Release : Juliani ( Siswa SMKN 1 Bekasi )

Sumber : CNN Indonesia

Picture : Pinterest



 

Share on Google Plus

About Swara Siswa

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar