Sabun dan Corona, Mengapa Sih Harus Cuci Tangan dengan Sabun?


Saat ini banyak sekali pemberitaan tentang COVID-19, mulai dari media elektronik maupun non elektronik dan media swasta maupun  media nasional. Semua orang merasa waspada terhadap virus ini dengan berusaha melindungi diri sebaik-sebaiknya. Salah satu bentuk perlindungan diri terhadap virus tersebut adalah dengan mencuci tangan menggunakan sabun di bawah air mengalir. Mengapa demikian? Apakah mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir membantu mengurangi penyebaran penyakit COVID-19 ini? Mari kita simak bersama. 

Dahulu sering kita temui banyak sabun-sabun yang disediakan sebagai fasilitas kesehatan sebelum adanya virus COVID-19 ini, ternyata sabun tersebut adalah sabun antibakteri. Sabun tersebut mengandung zat triclosan dimana zat ini efektif membasmi bakteri, jamur, maupun virus. Eitss, tapi ada juga sabun antibakteri yang biasa kita temui di pasaran atau biasa kita pakai dalam sehari-hari. Terus apa sih letak perbedaannya, kan sama-sama sabun antibakteri yang mengandung zat triclosan? Nahh, bedanya itu ada di konsentrasi kandungan zat triclosan itu sendiri dimana kalau di fasilitas kesehatan memiliki konsentrasi yang lebih tinggi yang mana dapat mencapai 10 kali lipat dibandingkan yang umum dipakai di pasaran.

Terus apa sih hubungannya dengan COVID-19 ini? Apa sih gunannya mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir? Memang sepenting itu untuk melakukan hal tersebut.

Melansir dari World Economic Forum, Palli Thordarson Profesor di School of Chemistry di University of New South Wales, Australia turun ke Twitter untuk menjelaskan mengenai beberapa hal yang terkait dengan fenomena tersebut. Thordarson menjelaskan bahwa virus cenderung terdiri dari tiga hal yaitu genom asam nukleat yang merupakan bahan genetik dari DNA atau RNA, kemudian protein yang membungkus asam nukleat dan membantu replikasi virus di dalam tubuh inang, serta lapisan luar yang berlemak. Koneksi antara ketiga bagian tersebut membentuk struktur virus, tetapi koneksi itu lemah karena tidak ada ikatan kovalen yang memberikan struktur yang lebih stabil. Sebaliknya, perakitan virus didasarkan pada interaksi non-kovalen yang lemah antara protein, RNA, dan lipid. Ketiga komponen tersebut bertindak bersama seperti perekat sehingga sulit untuk memecah partikel virus yang terbentuk sendiri.

Nah, disini peran sabun sangat penting banget untuk memecah parikel virus tersebut. Mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir dapat melarutkan lapisan lipid yang mengelilingi virus tersebut. Eitsss selain itu, bisa juga menghancurkan semua ikatan lemah lainnya di dalam virus sehingga virus secara efektif akan hancur berantakan. Terus selain adanya zat triclosan yang sudah disinggung sedikit di atas, sabun ternyata juga mengandung senyawa seperti lemak yang disebut amphiphiles dimana senyawa ini mirip dengan lipid yang ditemukan dalam membran virus. Jadi, saat sabun bersentuhan dengan zat berlemak ini, sabun akan mengikatnya dan menyebabkan terlepas dari virus terus juga memaksa virus melepaskan diri dari kulit.

Bagaimana penjelasan di atas mengenai pentingnya cuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir? Ternyata sangat penting untuk mencegah penyebaran COVID-19 ini. Jadi, untuk kalian semua jangan lupa selalu cuci tangan di bawah air mengalir saat dan sesudah beraktivitas. Selain itu, jaga kesehatan diri dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi agar tubuhmu dapat memproduksi antibodi yang dapat melawan zat-zat jahat di tubuhmu. Jika sudah berusaha semaksimal mungkin, jangan lupa kita berdoa kepada Sang Maha Pencipta Kehidupan ini,  semoga wabah ini segera berlalu


JURNALISTIK MUDA KOTA BEKASI

Penanggung Jawab : Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat
Penasehat                 : Ir. H. Asep Arwin Kotsara, M.Eng
Pembina                    1.Kokom Komariah, S.Si
                                    2.Asep Nurhidayat, S.Pd.
Pimpinan Redaksi   : Guntara. S.Kom
Penyusun                 M. Yazid Al-Khoiri



Share on Google Plus

About Swara Siswa

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar