Pandemi Covid -19 : "Earth Hour" 2020 dilakukan Virtual

Switch Off Earth Hour Bekasi yang dilakukan oleh warga Bekasi sebagai bentuk partisipasi dalam Earth Hour 2020 hari Sabtu lalu (28/03) berjalan dengan lancar. Tagar #RedupkanBekasi diramaikan oleh warga Bekasi di media sosial sebagai tanda partisipasi dalam gerakan Earth Hour. Earth Hour sendiri merupakan kegiatan kampanye global yang diselenggarakan oleh World Wildlife Fund for Nature (WWF), yang bertujuan mengajak individu, komunitas, praktisi bisnis, dan pemerintahan di seluruh dunia mematikan lampu dan peralatan elektronik yang tidak terpakai selama 1 jam sebagai komitmen hemat energi untuk Bumi. Aksi Earth Hour di Bekasi sudah berlangsung selama 8 tahun sejak tahun 2012



Earth Hour 2020 ini unik dan berbeda dari tahun sebelumnya, di mana diadakan kegiatan virtual dalam jaringan online bertajuk ''Earth Hour di Rumah'', wujud nyata physical distancing terkait pandemi Virus Corona atau Covid-19 yang sedang melanda dunia termasuk Indonesia. Suasana remang-remang selama 1 jam dari pukul 20.30 - 21.30 WIB diisi dengan e-talkshow bertajuk ''What Can Youth Do For This Greeneration'' untuk menemani para partisipan Earth Hour. Online talkshow ini disiarkan live di akun Instagram Earth Hour Bekasi (@earthhourbekasi) dan akun Instagram sociopreneur dan aktivis Edy Fajar (@edy_fajar) selaku pembicara.

Edy Fajar banyak memberikan edukasi dan pengalaman terkait partisipasinya dalam isu linkungan. Edy menjabarkan tentang 4 poin penting yang dapat kita lakukan sebagai penggerak lingkungan, yaitu: mengurangi sampah plastik di laut, mengampanyekan hemat energi, menerapkan pola konsumsi berkelanjutan, dan mengupayakan penanaman mangrove. Edy juga mengajak kita semua untuk menerapkan pola 4R, Refuse, menolak segala elemen produk yang tidak sesuai dengan produk ramah lingkungan, Reduce, mengurangi segala produk yang tidak dapat di daur ulang, Reuse, menggunakan kembali produk yang dapat digunakan, memilih produk untuk jangka panjang, Recycle, mendaur ulang kembali produk. ''Langkah sederhana, yang akan besar manfaatnya bagi lingkungan jika kita terapkan bersama-sama,'' kata Edy.

Selain online talkshow, Earth Hour Bekasi juga mengadakan #RedupkanBekasiChallenge , menantang warga Bekasi membuat video menarik saat Switch Off dan Switch On yang menunjukan partisipasi dalam Earth Hour 2020 sekaligus berisi apa saja yang dapat dilakukan dalam kondisi lampu padam di rumah, kegiatan positif apa yang dapat dilakukan ketika pemadaman lampu dan listrik.

Kegiatan Switch Off Earth Hour 2020 ini didukung penuh oleh Walikota Bekasi, Bapak Dr. H. Rahmat Effendi sesuai dengan Surat Edaran Nomor: 671/2229/Dinas LH, tentang Peringatan ''Earth Hour'' Tahun 2020 Tingkat Kota Bekasi. Adapun beberapa ikon dan bangunan di Kota Bekasi yang berpartisipasi dalam kegiatan Switch Off Earth Hour, seperti; Alun-Alun Kota Bekasi, Hutan Kota Patriot Bina Bangsa, Masjid Agung Al-Barkah, Grand Metropolitan Mall, Metropolitan Mall, Mega Bekasi Hypermall, Blu Plaza Bekasi, Revo Town Mall, dan Red Planet Hotel Bekasi. 



Aksi Switch Off  Earth Hour bukanlah sekedar seremonial semata, namun juga langkah awal komitmen hemat energi, menerapkan gaya hidup yang ramah lingkungan. Dengan harapan setelah aksi ini masyarakat khususnya warga Kota Bekasi dapat mulai sadar untuk menjaga dan merawat bumi dimulai dari hal-hal kecil, ditengah permasalahan mengenai isu lingkungan terutama di Kota Bekasi yang sudah marak terjadi akibat dari perubahan iklim. Hal-hal kecil yang jika dilakukan secara serentak dan berkelanjutan dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap bumi


JURNALISTIK MUDA KOTA BEKASI

Penanggung Jawab : Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat
Penasehat                 : Ir. H. Asep Arwin Kotsara, M.Eng
Pembina                    1.Kokom Komariah, S.Si
                                     2.Asep Nurhidayat, S.Pd.
Pimpinan Redaksi   : Guntara. S.Kom
Penyusun                 : Earth Hour Bekasi







Share on Google Plus

About Swara Siswa

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar