Cegah Corona menyebar, Disdik Jabar Keluarkan Edaran Jaga Pola Hidup Sehat.


Dinas Pendidikan Jawa Barat (Disdik Jabar) mengeluarkan surat edaran(SE) terkait peningkatan kewaspadaan terhdap virus corona Covid-19. Disdik Jabar menghimbau sekolah negeri dan swasta untuk melakukan beberapa tindakan agar meminimalisasi resiko terkena corona.

Dilihat swarasiswa.com,selasa(3/3/2020), surat edaran tersebut bernomor:443 / 27.48 –Set.Disdik tentang pencegahan peneyebaran Virus Corona pada lingkungan satuan pendidikan di Provinsi Jawa Barat. Surat itu ditujukan kepada Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I-XIII, dan Kepala Dinas Pendidikan Kab/Kota Se-Jawa Barat. Surat edaran tersebut dikeluarkan pada 3 maret 2020. Surat diteken Kepala Dinas Pendidikan Dewi Sartika.



Dalam surat tersebut, lengkap Dr.Ir. Dewi Sartika, M.SI selaku Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat berpesan menghimbau seluruh Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), serta peserta didik untuk melaksananakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).
Ada tiga poin yang disampaikan dalam himbauan tersebut :
  1. Menghimbau seluruh Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), serta peserta didik untuk melaksananakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) , dengan cara : 
a.    Makan dengan Gizi seimbang  
b.    Rajin berolahraga dan istirahat cukup  
c.    Menjaga kebersihan lingkungan sekitar ; 
d.   Mencucui tangan menggunakan sabun;  
e.    Gunakan masker atau menutup mulut bila batuk;  
f.     Minum air mineral 8 gelas per hari;  
g.    Memakan makanan yang dimasak sempurna;
h.    Bila demam dan sesak nafas segera ke fasilitas kesehatan terdekat;
i.      Senantiasa berdoa dan memohon perlindungan kepada Tuhan YME;

  1. Mengoptimalkan peran Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) setiap Satuan Pendidikan untuk mengedukasi seluruh GTK dan peserta didik melaksanakan himbauan GERMAS tersebut dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona.
  2. Agar saudara berkolaborasi dengan perangkat daerah dan instansi terkait dalam upaya pencegahan penyebaran corona.
“Kami himbau untuk menginformasikna kepada seluruh Kepala Satuan Pendidikan agar tidak panik, tetap tenang, siaga dan menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar (KBM) seperti biasa.“ucap dewi sartika dalam surat tersebut.
Dampak virus corona ini sudah menyebar di hampir ratusan Negara. Hal ini termasuk Indonesia menimbulkan kecemasan dan kekhawatiran menghadapi Virus Covid-19. Menurut organisasi kesehatan dunia (WHO) virus COVID-19 ini telah menginfeksi 126 ribu orang di lebih dari 114 negara.

Banyak orang terinfeksi melalui percikan air liur pengidap (batuk dan bensin), menyentuh tangan atau wajah orang terinfeksi, menyentuh mata, hidung, atau mulut setelah memegang barang yang terkena percikan air liur pengidap. Swara siswa juga mengajak masyarakat terutama rekan pelajar untuk mari sama-sama jaga kesehatan, jangan panik namun tetap waspada.


JURNALISTIK MUDA KOTA BEKASI

Penanggung Jawab : Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat
Penasehat                 : Ir. H. Asep Arwin Kotsara, M.Eng
Pembina                   1.Kokom Komariah, S.Si
                                    2.Asep Nurhidayat, S.Pd.
Pimpinan Redaksi   : Guntara. S.Kom
Tim Liputan            : Tim Jurnalistik Muda Kota Bekasi Generasi 8 (R)
Penyusun                 Tim Jurnalistik Muda Kota Bekasi Generasi 8 (R)





Share on Google Plus

About Swara Siswa

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar