MILENIAL (Membangun Rohis Sekolah yang Efektif, Inovatif dan Ideal)

(27/04/2019) Ikatan Rohis Kota Bekasi (IROSI) Zona 2 telah mengadakan “Training Management Rohis”  yang berlokasi di SMKS Bhakti Kartini Kota Bekasi. TMR ini dilaksanakan untuk melatih mengelola organisasi Rohis sekolah yang baik dan terorganisir. Adapun acara ini berlangsung diikuti oleh puluhan pelajar rohis SMA/SMK/MA se-Kota Bekasi. Tentunya acara ini dapat berlangsung dengan baik karena mendapat dukungan dari Trend Indonesia.
             Kegiatan TMR ini dimulai sekitar pukul 08.00 WIB – 11.00 WIB yang di dalamnya terdapat pembina-pembina organisasi diantaranya,  IROSI Zona 2, HOTSER, dan Kak Ludi R. Utomo sebagai pementor Rohis. Acara diawali dengan  pembacaan Tilawah dan Sari Tilawah Al-Qur’an, penampilan Hadroh dari SMKN 8 Kota Bekasi, dan dilanjut sambutan-sambutan dari Pembina Irosi Zona 2, Ketua Pelaksana, Ketua Irosi Zona 2, dan Ketua Rohis SMKS Bhakti Kartini.
Pembina IROSI Zona 2 - Kak Doni Hidayat


Semoga dari acara ini kalian semua dapat membangun Rohis sekolah yang Efektif, inovatif, dan Ideal seperti tema dalam TMR ini” Ujar Kak Doni Hidayat sebagai Pembina Irosi Zona 2
Ketua IROSI Zona 2 - Fiki Sudiro
“Saya berharap para peserta yang hadir diacara ini bisa mengambil sisi baik dari acara ini untuk diterapkan di rohis sekolah masing-masing” Ujar Fiki Sudiro Ketua IROSI zona 2.

             Dalam kegiatan TMR ini yang sebagian besar berisi materi yang ditujukan untuk memberi motivasi para pelajar Rohis agar bisa membentuk tim yang tangguh. Penyampaian materi dari kak Ludi disampaikan dengan bahasa yang ringan dan tidak membosankan.
Guru dan pementor Rohis - Kak Ludi R Utomo
“ Anak Rohis itu anak-anak yang mempunyai keimanan dan ketaqwaan yang  besar Kepada Allah SWT dengan tujuan membentuk barisan pelajar yang mempelopori tegaknya nilai-nilai kebenaran.”
” Ada 5 tahapan menjadi management rohis yang baik, pertama adalah membuat perencanaan program. Kedua yaitu diorganisasikan. Ketiga, aktualisasikan organisasi tersebut. Keempat, melakukan controling terhadap organisasi tersebut. Dan kelima, Mengevaluasi keadaan organisasi.” Jelas Kak Ludi R Utomo S.Pd.
            Kak Ludi juga memberitahu bagaimana ciri team yang tangguh dalam kisah Muhammad al-fatih dikatakan “Ciri team yang tangguh adalah team yang tidak pernah salah satu anggotanya meninggalkan sholat berjamaah di Masjid dan tidak juga meninggalkan qiyyamul lail (sholat malam).”
Ketua Umum HOSTER Bekasi - Kak Rio Geovani Muhammad, S.Pd.I
       Adapun penyampaian materi yang kedua dari Kak Rio Geovani Muhammad, S.Pd.I sebagai Ketua Umum Komunitas Hafizh On The Street Bekasi
“Sesungguhnya Allah SWT memiliki keluarga dari golongan manusia. Siapakah mereka? Yaitu Ahlul Qur’an, mereka adalah keluarga Allah SWT dan orang-orang pilihan-Nya.” (HR. Ibnu Majah : 215)
“Keuntungan menjadi Hafizh Al-Qur’an salah satunya dapat menolong 10 ahlul bait yang kita miliki terhidar dari api neraka” Tambah Kak Rio.
Beliau mengajarkan bahwa “MASTER (menghafal Al-Qur’an semudah tersenyum) dengan metode gerakan yang bertujuan bukan hanya menghafal tetapi juga mengetahui dan memahami apa yang sudah kita hafal.”
       Para peserta terlihat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini, juga banyak yang berkomentar positif serta mengatakan kegiatan ini sangat membantu untuk mengelola organisasi Rohisnya. Kegiatan ini juga seru, asyik, tidak membosankan, dan sangat menyenangkan.
“ Dan hendaklah diantara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang ma’ruf dan mencegah dari yang mungkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.” (QS.Ali-Imran [3]:104)






JURNALISTIK MUDA KOTA BEKASI



Penanggung Jawab      : Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat

Penasehat                      : Ir. H. Asep Arwin Kotsara, M.Eng

Pembina                        : Kokom Komariah, S.Si

Pimpinan Redaksi        : Guntara, S.Kom

Penyusun                      : Mega Lestari (MAN 2 Kab.Bekasi)
Dokumentasi                 : Adilia Putri Ayu Saleha (MAN 2 KAB.Bekasi)


Share on Google Plus

About Swara Siswa

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar