Duta Literasi Jawa Barat “Si Mungil dengan Segudang Prestasi“ bergabung di JMKB Gen -7


Salsabila Hakim biasa di sapa Salsa lahir di Wonogiri, Jawa Tengah pada tanggal 24 November 2002. Sejak kecil tinggal di Jakarta bersama dengan kedua orangtua. Saat usia 2 tahun pindah ke Bekasi, tepatnya di Tambun. Saya sangat bersyukur dilahirkan di tengah-tengah keluarga menjunjung tinggi nilai-nilai religius, sederhana serta disiplin dalam segala hal.

Sejak bangku Sekolah Dasar hingga Sekolah Menegah Atas, Salsa dikenal anak yang cukup cerdas, aktif, mudah bergaul, dan religius. Penilaian tersebut menurut orang tua, guru, sahabat, pak ustadz, dan lainnya. Ahh…mungkin itu penilaian mereka saja,, namun saya mengupayakan diri agar bisa seperti itu dan klaim tersebut tidak berpengaruh apa-apa pada diri saya.

Di masa sekolah hingga sekarang SMA,” Alhamdulillah saya selalu mendapat peringkat kelas. Saya sering mengikuti dan menjuarai beberapa perlombaan. Mulai dari bidang kesehatan,
kerohanian, dan public speaking. Saat saya duduk di bangku sekolah dasar, tepatnya di SDN Mangun Jaya 01, saya selalu mendapat ranking 1 dikelas, menjuarai lomba Da'i dan Pidato Islami, serta saya pernah menjadi Duta Kesehatan Gigi pada Tahun 2013.” Ujar Salsa, biasa disapa.

Saat di SMPN 1 Tambun Selatan mengikuti lomba pidato, lomba baca puisi, dan lomba energi dari Kemnterian ESDM Tahun 2017, dimana sekolah saya mendapat juara 2 melalui  lomba hemat energi rumah & sekolah, dari situlah saya mendapat gelar Pahlawan Energi. ungkap Salsa.
Saya dan kawan-kawan juga suka menulis, yaitu cerpen dengan judul "Bingkai Mimpi". Seperti kata pepatah, bahwa usaha tidak pernah mengkhianati hasil, usaha kami membawa hasil yang tidak sia-sia. Beberapa minggu setelahnya, pembimbing kami mengumumkan bahwa saya dan kawan-kawan telah sukses membuat karya cerpen, terpilih mengikuti Jambore Literasi di Bumi Perkemahan Kiara Payung, Sumedang pada tahun 2017.  Jambore ini jambore pertama dan terbesar, sekitar 2.500 siswa dari SD, SMP, hingga SMA se-Jawa Barat.. Kami bertemu dengan bunda literasi pada saat itu, bunda Netty yang juga merupakan istri dari Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan.


Setelah 2 hari disana, kami dinobatkan sebagai Duta Literasi Provinsi Jawa Barat 2017 karena telah berhasil menaklukan tantangan, yaitu membaca 24 buku dalam waktu 10 bulan. Kami pun pulang dengan membawa hadiah serta pengalaman yang sangat berharga.
Sekarang, saya bersekolah di SMA Pusaka Nusantara 2 Bekasi yang ada di Tambun Selatan. Tahun 2018, saya kembali mengikuti perlombaan dalam rangka memperingati bulan bahasa dan menjuarai lomba menulis dan membaca berita. Ini adalah awal saya mengikuti perlombaan sejak saya duduk di bangku SMA.
Saat ini, saya aktif di kegiatan sekolah seperti Kaderisasi OSIS, Paskibra, Pramuka, dan Rohis.
Atas ajakan teman masa SMP untuk ikut perkumpulan para jurnalis Kota Bekasi, karena Ia tau saya telah berhasil memenangkan perlombaan seputar news, saya pikir kenapa tidak mengasah terus kemampuan ikut organisasi JMKB.
Ada rasa ragu karena saya berasal dari Kabupaten, berkat dukungan dari orangtua, sekolah, dan teman-teman, tetap maju karena ini suatu tantangan baru. Lalu, proses seleksi say ikut interview di Kantor Trend Indonesia dan mengikuti musyawarah besar di SMAN 4 Kota Bekasi.
Alhamdulillah saya lolos dan sekarang saya tergabung dalam JMKB (Jurnalistik Muda Kota Bekasi) Gen 7, organisasi para jurnalis muda dibawah naungan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat dengan pembinaan dari Trend Indonesia.
Saya bangga menjadi bagian dari organisasi ini. Harapan saya, agar JKMB ini bisa menghasilkan sumber daya manusia yang siap mengikuti perubahan dan membuat perubahan (agent of change). Semoga saya bisa turut berkontibusi memajukan JMKB, dapat mengembangkan minat dan bakat serta menjadi lebih baik lagi untuk kedepannya. ( salsa, 1/2019)

Prestasi yang pernah diraih Salsabila Hakim :
  1. Harapan III Lomba Calistung tingkat Kecamatan tahun 2011
  2. Juara I Lomba Calistung tingkat Kecamatan tahun 2012
  3. Juara I Karya Tulis Terbaik lomba Dokter Kecil tingkat Kabupaten tahun 2012
  4. Juara I Lomba Busana Muslim dalam rangka memperingati Isra’ Mi’raj tahun 2012
  5. Peserta Terbaik Bank Soal dalam rangka Persami Pramuka tahun 2013
  6. Harapan I Lomba Pildacil Putri tingkat Kabupaten tahun 2013
  7. Juara I lomba Pildacil tingkat Kecamatan tahun 2013
  8. Juara I Duta Kesehatan Gigi 2013
  9. Harapan I Olimpiade Matematika tingkat Kecamatan
  10. Juara I Lomba Pildacil Putri tingkat Kecamatan tahun 2014
  11. Juara II Lomba Pildacil Putri Sapta Lomba PAI tingkat Kabupaten tahun 2014
  12. Juara III Da’i dalam Bonlap Islamic Festival tahun 2016
  13. Juara II Pidato Putri dalam Apresiasi Kreasi Seni Islami (AKSI) ke-XI tingkat Kabupaten tahun 2016
  14. Juara I Lomba Da’i dan Da’iyah oleh Dewan Masjid Indonesia tingkat Kecamatan tahun 2016
  15. Pahlawan Hemat Energi Rumah & Sekolah 2016
  16. Juara III Lomba Baca Puisi tingkat Kabupaten tahun 2017
  17. Juara II Sekolah Hemat Energi se-Nasional tahun 2017
  18. Juara I Lomba Pidato dalam rangka Hari Anak Nasional ke-35 tingkat Kabupaten tahun 2017
  19. Pahlawan Hemat Energi Rumah & Sekolah 2017
  20. Pelajar Inspiratif Parade Dongeng melalui Program WJLRC (West Java Leader’s Reading Challenge) tahun 2017
  21. Duta Aktualisasi Literasi melalui YLRC (Yutaka Leaders Reading Challenge) 2017
  22. Duta Baca SMPN 1 Tambun Selatan 2017
  23. Duta Literasi Provinsi Jawa Barat 2017
  24. Juara II Cerdas Cermat IPA tahun 2018
  25. Tim Pembuat Video Profil SMPN 1 Tambun Selatan
  26. Duta GenRe (Generasi Berencana) 2018
  27. Juara II Lomba Menulis & Membaca Berita dalam rangka Bulan Bahasa tahun 2018

JURNALISTIK MUDA KOTA BEKASI



Penanggung Jawab      : Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat

Penasehat                      : Ir. H. Asep Arwin Kotsara, M.Eng

Pembina                        : Kokom Komariah, S.Si

Pimpinan Redaksi        : Guntara, S.Kom

Tim Liputan                  : Tim Jurnalistik Muda Kota Bekasi GEN 7  

Penyusun                       : Salsabila Hakim (SMA Pusaka Nusantara 2 Bekasi)


Share on Google Plus

About Swara Siswa

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar