Jurnalis Muda Kampanyekan Budaya Literasi

Kampanye budaya literasi bagi pelajar tidak hanya menjadi tugas dari Dinas Pendidikan. Jurnalistik Muda Kota Bekasi (JMKB) wadah organisasi pelajar Jurnalis (SMA/SMK/MA) se-Kota Bekasi bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat menjadi penggerak pelajar untuk membudayakan literasi (membaca dan menulis). JMKB menghimpun pelajar yang tertarik dunia jurnalistik melalui pelatihan jurnalistik di Aula SMAN 2 Bekasi, Minggu(25/11/2018).
Kepala Cabang Dinas Wilayah III Prov. Jawa Barat
Pelatihan ini disambut baik dan diresmikan oleh Herry Pansila selaku Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Jawa Barat. “ saya salut dengan tekad peserta yang mau hadir mengikuti pelatihan ini, meskipun besok ada yang akan mengikuti ujian sekolah. Artinya sudah biasa belajar dan membagi waktu untuk meningkatkan keterampilan,” Ungkap Herry Pansila dalam sambutannya Literasi ( membaca dan menulis ) bagi pelajar bisa meningkatkan literasi bagi masyarakat. Beliau memberikan apresiasi dengan memberikan hadiah kejutan bagi siswi yang menamatkan membaca buku dalam waktu sebulan. 
Direktur Trend Indonesia
Pelatihan diikuti oleh 100 pelajar perwakilan dari SMA/SMK se Kota Bekasi. Sebagai lembaga yang menaungi pembinaan JMKB juga turut hadir Direktur Trend Asep Arwin, M.Eng dalam sambutannya menyampaikan “JMKB harus lebih baik dan giat dalam menulis berita, aktifkan informasi kegiatan sekolah. Karena itulah JMKB harus menjadi jembatan informasi bagi sekolah se Kota Bekasi. Aktifkan dan update terus website swarasiswa.” Ujar Asep Arwin yang menamatkan studi master engineering di Jepang. Kegiatan ini merupakan program rutin yang diselenggarakan tiap tahun.
Ketua JMKB GEN 6
“Para peserta nanti akan bergabung menjadi pengurus baru JMKB generasi 7 dan berkreasi mengelola website swarasiswa atau majalah dan berharap generasi 7 lebih baik lagi, ’”Ujar M. Arif Nur Hidayat, pelajar SMK Karya Guna Bhakti juga Ketua JMKB generasi 6.
Pemateri - Sapto Waluyo
Pemateri - Setiyanto Priyonggo
Pemateri - Najmi Ismail
Kaum muda milenial harus kreatif karena perkembangan ilmu dan teknologi menuntut kemampuan beradaptasi cepat, “Dengan memanfaatkan gadget atau smartphone bisa membuat konten positif dan kreatif ,“ujar Sapto Waluyo yang pernah menjadi redaktur Majalah Gatra dan selaku Koordinator  Jaringan Media Profetik (JMP). Disamping latihan menulis kreatif juga mendapatkan teknik fotografi EDFAT yaitu Etire , Detail, Framing, Angle, dan Timing dari pewarta photo setiyanto priyonggo. Acara juga dimeriahkan dengan doorprize dan talkshow dari alumni JMKB tentang pengalaman mengelola organisasi yang kini menjadi mahasiswa yang professional diberbagai bidang.
Ketua Pelaksana - M. Alwi Hidayat


















JURNALISTIK MUDA KOTA BEKASI

Penanggung Jawab      : Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat
Penasehat                      : Ir. H. Asep Arwin Kotsara, M.Eng
Pembina                        : Kokom Komariah, S.Si
Pimpinan Redaksi        : Guntara, S.Kom
Penyusun                       : Tim Jurnalistik Muda Kota Bekasi GEN 6









Share on Google Plus

About Swara Siswa

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.