Pesona Jepang Yang Bikin Kamu Pengen Kesana #Part1

Gunung Fuji

1. Gunung Fuji atau Fujiyama merupakan gunung tertinggi di Jepang terletak di antara Yamanashi dan Shizuoka. Gunung ini mempunyai ketinggian 3776 meter di atas permukaan air laut. Keindahan gunung ini juga sering di jadikan sebuah karya yang tentunya bernilai tinggi, baik itu berupa foto maupun lukisan. Pada cuaca yang cerah gunung Fuji dapat di lihat dari Tokyo dan Yokohama. Gunung fuji merupakan gunung vulcano meskipun saat ini termasuk gunung vulcano tidak aktif. Fujiyama pernah meledak pada kisaran tahun 1708.
Di antara sekian banyak gunung di Jepang, Fujiyama termasuk banyak di puja oleh orang jepang. Baik dari kalangan orang biasa sampai dengan kalangan artis. Mungkin pada hari yang cerah melihat dari jauh dapat memberikan pemandangan yang indah di banding melihat dari dekat, namun bagi beberapa pendaki dari berbagai negara mendaki gunung fuji sampai puncak akan memberikan tantangan, pengalaman, kenangan bahkan manfaat. Bagi yang senang melakukan pendakian sekiranya ada rute dan waktu untuk dapat naik sampai puncak gunung. Musim pendakian gunung Fuji biasanya di buka pada bulan juli dan agustus. di karenakan pada kisaran bulan ini merupakan puncak daripada musim panas di jepang dan pada bulan-bulan inilah gunung fuji terbebas dari salju. Selain itu suhu udara relatif menjadi sejuk (meski ada salju abadi dan suhu lumayan dingin) dibanding pada bulan-bulan lainnya. Hal inilah yang membuat pendakian menjadi aman dan pos peristirahatan pendakian mulai di buka. seperti halnya saran para pendaki profesional bahwa lebih baik di kisaran bulan ini pendakian di lakukan. Mendaki gunung fuji tidak hanya populer di kalangan orang jepang saja. Namun biasanya lebih banyak turis dari berbagai macam negara ikut mendaki. Musim mendaki gunung fuji bertepatan dengan musim libur sekolah di jepang, yaitu antara 20 juli sampai akhir agustus, yang juga kebetulan bertepatan dengan hari raya obon-jepang di pertengahan agustus. Pada kisaran obon inilah gunung Fuji di ramaikan oleh banyaknya pendaki dari berbagai negara.

Osaka Castle
2. Osaka Castle adalah Museum yang memajang benda-benda bersejarah sejak kekuasaan Shogun Hideyoshi Totoyomi. Menara utama selesai dibangun tahun 1585.

Tahun 1615, Ieyasu Tokugawa menggulingkan keluarga Totoyomi dan menguasai Istana Osaka dalam perang musim panas di Osaka. Dia lalu merekonstruksi Istana Osaka dan selesai tahun 1629. Sayangnya, tahun 1665 menara utama disambar petir dan terbakar. Hampir seluruh bangunan Istana Osaka musnah menjadi abu seusai pertempuran Boshin . Hingga akhirnya tahun 1931, Istana Osaka dibangun kembali seperti tampak sekarang.

Kepala Osaka Castle Museum Natsuo mengatakan , ada setidaknya 10.000 benda bersejarah, termasuk artefak, dari periode shogun sebagai koleksi utama museum tertata tujuh lantai.  Koleksi yang bisa dinikmati, antara lain, pakaian perang, jubah kaisar dengan desain Gunung Fuji berwarna kuning, ilustrasi Perang Musim Panas Osaka berikut figur-figur miniatur, kisah kehidupan Hodeyoshi Totoyomi dalam 19 layar yang dihidupkan dengan teknologi tinggi, serta benda-benda seperti kipas, batu tempat menaruh tinta, pedang dan surat yang ditulis oleh sang Shogun. Tersedia pakaian perang dan pedang tiruan bagi pengunjung yang ingin berpose ala samurai.
Menara Osaka Castle berdiri megah dilindungi benteng batu tinggi dan parit dalam di sekelilingnya, Di sekelilingnya penuh dengan pohon besar rindang. Di Lantai paling atas berfungsi sebagai dek observasi,pengunjung bisa melihat hamparan pemandangan Osaka yang modern.

Fushimi Inari Taisha
3. Fushimi Inari Taisha adalah Jinmyōchō (daftar nama kuil) yang diterbitkan bersama Engishiki. Selain itu, kuil ini berada dalam kelompok 7 kuil papan atas dari daftar 22 kuil utama (Nijūnisha). Dalam sistem lama peringkat kuil Shinto, kuil ini merupakan salah satu dari kampeisha (kuil resmi yang didanai pemerintah Jepang).
kuil Shinto yang berada di Fushimi-kuKyotoJepang. Kuil ini merupakan kuil pusat bagi sekitar 40.000 kuil Inari yang memuliakan Inari. Kuil utama (honden) terletak di kaki Gunung Inari, dan tanah milik kuil mencakup gunung yang tingginya 233 meter.

Di kuil ini dimuliakan Ukanomitama bersama pendampingnya, Satahiko no Ōkami, Ōmiyanome no ōkami, Tanaka no ōkami, dan Shi no ōkami Inari dipercaya sebagai dewa pertanian, sehingga kuil ini dipercaya membawa berkah bagi panen palawija, kesukesan dalam perdagangan bisnis, dan keselamatan di bidang transportasi.

Kuil Fushimi Inari masuk dalam peringkat kuil menurut Kuil utama yang ada sekarang dibangun tahun 1499 setelah bangunan yang lama habis terbakar sewaktu terjadi Perang Ōnin. Aula utama kuil ini ditetapkan pemerintah Jepang sebagai warisan budaya yang penting. Sejak abad ke-17, penganut kuil Fushimi Inari memiliki tradisi membangun torii. Sekitar 10.000 torii yang berderet-deret di Gunung Inari merupakan hasil sumbangan umat. Di antaranya, Senbon torii (deretan seribu torii) telah menjadi salah satu objek pariwisata. (G)
*diambil dari beberapa sumber





JURNALISTIK MUDA KOTA BEKASI

Penanggung Jawab : Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat
Penasehat : Ir. H. Asep Arwin Kotsara, M.Eng
Pembina : Kokom Komariah, S.Si
Pimpinan Redaksi : Guntara, S.Kom




Share on Google Plus

About Swara Siswa

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.