CAR FREE DAY DI KOTA BEKASI

Bekasi adalah kota yang sedang mengalami perkembangan kemajuan yang pesat. Kenapa bisa dibilang begitu? Dulu, bila orang mendengar kata Kota Bekasi banyak orang yang berasumsi atau berpandangan, Kota Bekasi adalah Kota yang udik, seperti planet yang dekat dengan matahari karena panasnya Kota Bekasi, kota yang katanya jauh atau hal yang berpandangan minus. Tapi, saya katakan itu “Dulu” dan mungkin itu adalah pemikiran bagi orang yang tak tahu akan potensi suatu tempat/kota/daerah tertentu. Istilah kata “Tak kenal maka tak sayang” sangat tepat untuk Kota Bekasi ini.
Saya ungkap demikian memang begitu kenyataannya karena saya mengalami sendiri setelah saya bertempat tinggal di salah satu perumahan wilayah Kota Bekasi tercinta.
Coba sekarang kita lihat, sudah banyak pusat-pusat perbelanjaan atau mall-mall di Kota Bekasi, di wilayah Barat banyak, wilayah Timur banyak juga, Utara ada, wilayah Selatan ada, bahkan di wilayah Selatan itu terdapat mall yang sangat terkenal yaitu Mall Summarecon Bekasi yang bisa dilalui melewati Stasiun Bekasi & Fly over A.Yani. Dan membahas tentang Fly Over A.Yani dimana rutin setiap hari minggu sejak bulan Oktober 2014 telah diadakan “CAR FREE DAY” yaitu hari dimana wilayah tersebut bebas dari kendaraan berotor dan pastinya berkurangnya asap kendaraan bermotor yang dapat mengganggu kesehatan. Lokasi tersebut mulai dari Jl.KH.Noer Ali (Bekasi Cyber Park) sampai di sekitar wilayah Mall Summarecon Bekasi itu sendiri yang melewati jalan Fly Over A.Yani tersebut.

Hari minggu tiba,  saya dan teman-teman ikut serta dalam acara Car Free Day di Kota Bekasi. Saya pun turut berolahraga sambil mengamati lingkungan sekitar. Saat letih tiba saya dan teman-teman menyempatkan beristirahat sejenak dengan membeli beberapa jajanan. Secara tidak langsung kegiatan CFD membantu perekonomian masyarakat dengan banyaknya pedagang yang berkesempatan memasarkan dagangan atau usahanya ke masyarakat luas. Di situ juga ada sesuatu yang membuat saya terpikat dengan adanya beberapa komunitas. Pada kesempatan itu pula, saya sempat berbincang-bincang dengan  berbagai komunitas dan masyarakat umum. Berikut adalah perbincangan yang sempat saya lakukan :

(Keterangan singkatan : S (Saya) dan NS (Narasumber))
Drone Bekasi Community (DBC)
S       : Kalau boleh tau ini namanya comunitas apa sih?
NS    : Drone Bekasi Community (DBC)
S       : Berdirinya sejak kapan?
NS    : November tahun 2015, jadi udah satu tahun setengan, dan mempunyai anggota tetap 100 orang Cuma simpatisan kita di seluruh Kota Bekasi ada sekitar 1.000 orang.
S       : Visi dan misinya apa?
NS    : Visi dan misi kita adalah menjadikan Bekasi sebagai kota barometer untuk RC (Remote Control), jadi RC  itu sendiri termasuk dalam CR car,RC Speed Boat, RC air modeling Drone dan semua yang berhubungan dengan permainan yang menggunakan Remote Control.
S       : Prestasi apa saja yang sudah di raih dari komunitas ini?
NS    : kita sering mengadakan acara acara sosial dan bekerjasama dengan RAPI (Radio Antar Penduduk Indonesia). Kita lebih banyak mengadakan lomba dari pada ikut menjadi peserta misalnya: lomba Basic Drone, Offroad  RC, dan kemarin terakhir bekerja sama dengan RAPI itu untuk pemantauan arus mudik. Nah… sekarang ini ada acara membaca anak-anak Bekasi.
S       : Biasanya jam operasional kapan?
NS    : Kita biasanya kopdar, setiap hari Minggu dan kalau kopdar pagi itu sekitar jam 7 pagi seperti ini, cuma tempatnya kadang tidak menentu, kadang di depan Kantor Walikota,  Summarecon, dan di bagian Kota Bekasi lainnya. Tapi kalau Minggu sore biasanya kita kumpul di base camp,yaitu di “Grand Festival Residence Bekasi Timur”
S       : Apa manfaat dari komunitas ini?
NS    : Manfaatnya bisa menjadi ajang silaturahim antar anggota, kumpul bareng sesama anggota komunitas, bertukar pikiran, berbagi tips, info dan trik.
S       : Apa pesan, kesan dan harapannya untuk kota bekasi?
NS    : Untuk warga kota bekasi yang ingin bergabung silahkan bergabung di komunitas kami “Drone Bekasi Community” ada facebooknya, instagram dan nanti kita bisa berkumpul bareng, main bareng, terbang bareng dan ngobrol bareng. Dan ini juga bisa menjadi kegiatan yang positif.
ZOMBIES (Zona Owner Musang Bekasi dan Sekitarnya)
 
S       : Kalo boleh tau ini namanya komunitas apa ya?
NS    : ZOMBIES (Zona Owner Musang Bekasi dan Sekitarnya)
S       : Komunitas ini berdiri sejak kapan?
NS    : Tanggal 4 November 2012 awal resmi di dirikannya komunitas ini
S       : Apa tujuan dari komunitas ini?
NS    : Jadi tujuan awal kita sebenarnya itu untuk melestarikan hewan yang namanya Musang, jadi selama ini anggapan manusia bahwa Musang itu seringg dianggap sebagai hama bagi orang-orang umum seperti suka memakan ayam, penggangu hewan unggas lainnya dan seolah-olah musang itu dianggap sebagai hewan pengganggu. Jadi tujuan kita adalah untuk melestarikan Musang agar tidak di buru dan menjadi punah. Terkadang manusia juga suka memburu musang untuk dimakan dan populasinya di alam liar itu sudah mulai hampir punah kalau bisa dibilang seperti itu. Musang juga memiliki jenis yang beraneka ragam contohnya Musang Rase, musang pandan, musang akar dan musang akar pun dibagi menjadi banyak lagi, ada jenis musang yang paling besar namanya Musang Binturong.
S       : Prestasi apa yang sudah di dapat?
NS    : untuk wilayah Bekasi Alhamdulillah kita sudah berdiri mulai dari tahun 2012 sampai 2017, ya… kurang lebih hampir 4-5 tahun, jadi sudah banyak juga masyarakat yang tahu kalau ternyata hewan Musang itu bukan hewan liar lagi tetapi bisa juga dipelihara. Kita juga dapat merawatnya di rumah dan untuk kebersihan dalam perawatan cukup mudah, jadi agar anggapan orang itu tidak takut terhadap hewan musang, kebanyakan orang melihat hewan musang itu takut, diburu dan ditembak atau diperjual belikan dengan bebas.
S       : Kapan hari operasionalnya atau pelaksanaannya?
NS    : Untuk hari operasionalnya, kita di bekasi dibagi 4 wilayah dan namanya locality Timur, Barat, Utara dan Selatan. Untuk perlocalitynya jadwal kita hari Sabtu sore dibagi perwilayah, untuk gabungannya semua wilayah jadi satu itu kita berkumpul di GOR (Gelanggang Olah Raga) Kota Bekasi dan dimulai dari pukul 07.30 WIB kita sudah mulai Car Free Day di depan, setelah Car Free Day bubar nanti kita mulai masuk ke dalam Taman Kota Bekasi.
S       : Apa harapan untuk Kota Bekasi?
NS    : Kita sangat berharap agar pemerintah menyediakan fasilitas untuk semua komunitas bukan hanya untuk Komunitas Musang saja, karena yang saya tahu di depan sudah mulai tergusur yang namanya komunitas, entah itu dari Komunitas Reptile, entah juga itu dari Komunitas Dog Lovers. Semoga pemerintah dapat menyediakan tempat khusus satu wilayah itu untuk zona komunitas itu sendiri.


S       : Sejak kapan mas tahu kalau disini ada Car Free Day?
NS    : Baru mas, saya pandatang baru
S       : Biasanya kalau Car Free Day masnya ngapain aja?
NS    : Biasanya lari atau jogging sambil marathon, dari rumah ke sini lari trus ke arena lari
S       : Kenapa mas menghabiskan waktu Weekendnya dengan CFD?
NS    : Jadi kenapa saya memilih Car Free Day atau lari?, yang namanya tubuh itu kan butuh olahraga dan butuh rileksasi karena supaya tidak jenuh dengan aktifitas rutin.

 
Setelah dicermati, saya berkesimpulan ternyata dengan diadakan “Car Free Day” ini dapat mempengaruhi perkembangan berbagai komunitas, menjadi ajang sarana olahraga, perkembangan ekonomi melalui para pedagang yang turut meramaikan suasana, ajang rekreasi yang mudah dijangkau oleh masyarakat bahkan masyarakat pendatang baru pun senang ikut serta dalam kegiatan Car Free Day sehingga diharapkan terciptanya masyarakat yang sehat dan produktif secara positif. Pada kesenpatan ini pula saya berterima kasih kepada Pemerintah Kota Bekasi yang telah memfasilitasi kegiatan Car Free Day. Semoga kegiatan Car Free Day ini dapat terus berlanjut dan lebih baik lagi.



JURNALISTIK MUDA KOTA BEKASI



Penanggung Jawab : Dinas Pendidikan Prov. Jawa Barat
  
Penasehat : H. Asep Arwin Kotsara, M.Eng 

Pembina : Kokom Komariah, S.Si 

Pimred : Guntara, S.Kom 

Ketua Tim Liputan : Nabhan Rabbani (SMKN 8 Bekasi)
Dibantu oleh : Nina Ayu Baihaqi (SMKN 8 Bekasi)
Nabhan Rabbani
 








Share on Google Plus

About Swara Siswa

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.