LULUS? KULIAH ATAU KERJA?





SWARASISWA - Kerja atau kuliah, itulah yang sering ditanyakan banyak orang kepada kita siswa kelas 12 yang akan segera lulus. Bahkan kita sendiri bertanya kepada diri kita sendiri mau kuliah atau mau kerja? Padahal pilihan itu harus kita yang harus memutuskan. Mau kerja atau kuliah??
Sesuai survey yang saya lakukan, banyak adik kelas saya yang tahun ini lulus, mereka ingin kuliah dahulu atau melanjutkan ke perguruan tinggi ternama, dan tidak sedikit juga yang ingin berkerja dahulu dengan alasan untuk menambang pengalaman.

Tetapi ada respon dari beberapa siswa yang kurang enak didengar, yaitu ada yang masih belum tahu tujuan nya selanjutnya, inilah respon yang mengkhawatirkan kita semua, sudah sedekat ini mereka belum punya rencana apapun. 

Lalu ada beberapa siswa yang beranggapan seperti ini “Saya mau kerja sambil kuliah” coba hayati kata sebagai berikut “Kerja sambil Kuliah”. Menurut saya sih untuk sobat swarasiswa yang ingin kerja sambil kuliah harus pintar-pintar mengatur waktu. Otomatis harus ada yang dikorbankan, misalnya “Kuliah”, sudah pasti kuliah nya terganggu dan kurang fokus dengan kuliah karena aktifitas yang sobat swarasiswa saat berkerja, dan “Kerja” sudah pasti perkerjaannya terganggu oleh tugas-tugas kuliah yang menumpuk. Menurut saya sih gitu, entah kalau menurut sobat swarasiswa berbeda.

Sebenarnya tanggapan diatas masih bisa kita hindarkan, dengan cara “ Mulailah menyusun masa depan anda, mulailah meraih cita-cita anda, dan mulailah membahagiakan orang tua anda” tetap semangat, apapun pilihan kita, kita sendiri yang tahu kedepannya dan yakinlah dengan apa yang sobat swarasiswa ingin lakukan.


By Guntara
Share on Google Plus

About akram de rafli

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.