FORUM JURNALIS PELAJAR BEKASI GELAR ORIENTASI JURNALISTIK DASAR DI BINUS UNIVERSITY SUMMARECON

FORUM JURNALIS PELAJAR BEKASI GELAR ORIENTASI JURNALISTIK DASAR DI BINUS UNIVERSITY SUMMARECON

Forum Jurnalistik Muda Kota Bekasi (JMKB) generasi ke-11, gelar orientasi bagi pengurus jurnalis baru.  Dengan tema “Jurnalis Sebagai Agen Informasi Aktual, di kampus Binus University Sumarecon Kota Bekasi, pada Minggu,21 Mei 2023.

Orientasi Jurnalistik Muda Kota Bekasi (JMKB) diadakan sebagai upaya pembekalan dan pengembangan pengurus mengenai pengetahuan organisasi dan keterampilan Jurnalis secara terarah dan terukur. 

Menurut Ketua JMKB Arleta Noveria Celli, orientasi diadakan agar para pengurus kelak akan lebih optimal melaksanakan kerja organisasi. Serta dapat lebih mengenal tidak hanya dengan pengurus satu sama lain, tapi dengan pembina sebagai pembimbing dan pengarah. 

“Orientasi untuk membekali setiap pemuda/i Jurnalis mendapatkan ilmu serta  wawasan konsep dasar Jurnalistik dari pembina JMKB ” ujar Arleta Ketua JMKB, siswa SMA Korpri Kota Bekasi.

Diketahui, kegiatan acara JMKB generasi ke 11 tersebut, turut hadir penasehat JMKB, Asep Arwin Kotsara, M. Eng, empat Pembina JMKB yakni Kokom Komariah S. Si, selaku Tenaga Ahli Diskominfotik DKI Jakarta.

Serta Ahmad Bani, S.pd Ketua Pembina Laboran FMIPA UNJ, Asep Nur Hidayat S.Pd sebagai Enterpreneur, dan seorang Aktivis Sosial, Salsabila S. Si. 


Di sela-sela sambutan, Penasehat JMKB Asep Arwin Kotsara M. Eng, memberikan “Fun Game” sebagai support peserta orientasi JMKB generasi ke 11 dengan cara yang unik dan menarik. 

“Siapa yang dapat menjawab pertanyaan saya, silahkan maju nanti diberikan hadiah.

Pertanyaannya, Tolong sebutkan lima tugas jurnalis?,” ujar Asep Arwin Kotsara yang juga Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, daerah pemilihan (dapil) Kota Bekasi-Depok ini.

Lanjutnya, Asep Arwin Kotsara juga melantik dengan memimpin ikrar janji puluhan pelajar yang tergabung dari berbagai sekolah SMA/SMK Bekasi. 

Sementara itu, salah satu peserta yang merupakan anggota JMKB generasi ke 11, Nasifa Naila Khaerani, siswa SMA Korpri Bekasi menyampaikan alasan keikutsertaannya di JMKB.

“Ya karena disekolah ada ekskul jurnalistik dan ingin nambah ilmu lagi tentang jurnalistik gitu. Dan ternyata saya kagum dengan anak-anak muda yang ingin aktif di jurnalistik.” ungkap Nasifa Naila Khaerani.

“Jadi kalau ada cara lagi ya ingin lanjut lagi, semoga kedepan makin banyak yang tertarik dengan dunia jurnalistik.” ucap siswi SMA Kopri Bekasi tersebut.

Perlu diketahui, keempat Pembina JMKB menyampaikan materi yang tak kalah informatif; yaitu Reportase & Berita, Teamwork, Pengantar Dasar Website, Branding Sosmed, dan Dasar Fotografi oleh Wiwik Septianingsih. Jurnalis Muda Kota Bekasi (JMKB) berdiri pada 21 Oktober 2011, dimana pada tahun 2023 ini merupakan orientasi pertama kali dilakukan pada generasi ke 11.


Penulis Artikel : Calista Kirania (SMAN 1 Tambun Utara)

JURNALISTIK MUDA KOTA BEKASI


Penanggung jawab     : Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat

Penasehat                    : Asep Arwin Kotsara, M.Eng

Pemimpin Redaksi      : Kokom Komariah, S.Si.

Pembina                       : Ahmad Bani, S.Pd.

                                       Salsabila Naqiyah, S.Si.

                                       Asep Nurhidayat, S.Pd

                                      Kokom Komariah, S.Si.

Instagram                    : @swarasiswa

Tim Liputan                : Tim Jurnalistik Muda Kota Bekasi Gen 11




Share on Google Plus

About Swara Siswa

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar