IROSI: Make The Last 10 Days Of Ramadhan Memorable

IROSI : “Ramadhan Memorable “, Raih Lailatul Qodar.

IROSI, merupakan wadah organisasi pelajar Ikatan Rohis se Kota Bekasi mengajak seluruh pelajar SMP dan SMA se Kota Bekasi di bulan suci Ramadhan meraih ‘Lailatul Qadar’.

Gimana caranya? Ikut melalui kajian ilmu di webinar yang mengangkat tema "make the last 10 days of Ramadhan memorable", Ahad (02/5/2021).

Kami dari tim Jurnalistik Muda Kota Bekasi (JMKB) juga hadir dan meliput acara webinar "IRAMA ASIK". Peserta yang ikut juga beragam terutama pelajar SMP/SMA sederajat dan diikuti puluhan  peserta.

Dokumentasi webinar “ Make The Last 10 Days Of Ramadhan Memorable”, IROSI Pusat

Bulan suci Ramadhan adalah bulan istimewa, bulan diturunkannya Al Qur’an sebagai pedoman hidup umat manusia. Tak terasa kita sudah di penghujung bulan suci Ramadhan, 10 malam terakhir Ramadhan adalah malam yang ditunggu - tunggu, ada suatu momentum yaitu "Laillatul Qadar".

Lailatul Qadar disebutkan sebagai malam kemuliaan. Keistimewaan Malam Laillatul Qadar sudah dijelaskan oleh Allah SWT dalam Qur'an surah Al Qadr. “Sesungguhnya Kami menurunkannya (Al-Quran) pada malam Lailatul Qadar. Tahukah kamu, apakah malam qadar itu? Malam qadar adalah lebih baik daripada seribu bulan.

Pada malam itu, turunlah malaikat-malaikat dan Jibril dengan izin Tuhan mereka, (membawa segala urusan), (seluruh malam itu) sejahtera sampai terbit fajar.” (QS. Al Qadr:1-5). Untuk itu, dalam menyambut malam Lailatul Qadar umat Islam dianjurkan untuk melakukan amalan sunah agar tidak melewatkan kesempatan mendapat pahala dan kebaikan.

Berikut 5 keistimewaan malam Laillatul Qadr :

1. Lebih Baik dari Seribu Bulan. 

Lailatul Qadar adalah malam terpenting yang terjadi pada bulan Ramadhan dan disebut sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan.                                                                     

2. Turunnya para Malaikat. 

Keutamaan malam Lailatul Qadar lainnya yaitu para malaikat turun ke bumi. Pernyataan ini ada dalam QS Al-Qadr ayat 4 yang artinya: "Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan."

3. Malam Penuh Berkah. 

Malam Lailatul Qadar adalah malam yang dipenuhi keberkahan di dalamnya. Dalam surat Ad-Dukhan ayat ketiga dijelaskan bahwa "Kami menurunkan pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberikan peringatan."

4. Dosa umat muslim akan diampuni. 

Pada malam lailatul qadar, Allah SWT membuka lebar-lebar pintu ampunan bagi siapa saja yang meminta ampunan kepadanya

5. Membaca Al-Qur' an.

Sangat dianjurkan pada 10  malam terakhir Ramadhan untuk memperbanyak membaca Al Qur'an." barang siapa membaca 100 ayat Alquran  pada malam Laillatul Qadr , maka ia akan mendapatkan pahala shalat dan ibadah semalam suntuk."  (H.R Ad Darmimi)

Aisyah radhiyallahu'anha pernah bertanya pada Rasullah, " jika saja suatu hari yang aku tahu bahwa malam tersebut adalah malam Laillatul Qadar,lantas apa do'a yang mesti kuucapkan ?

Jawab Rasullullah shallallahu 'alaihi wa sallam, "Berdo'alah.... Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu'anni. "

"Yaallah, Engkau maha pemaaf dan Engkau mencinta orang yang meminta maaf, karenanya maafkanlah aku. "  (H.R Tirmidzi no. 3513 dan ibnu majah no. 3850)  Sungguh allah maha pengampun dan Maha pemaaf.

Mindset atau kebiasaan pola pikir kita, juga yang menentukan Diri  kita. Maka dari itu tanamkan mindset bahwa "Saya pantas mendapatkan Laillatul Qadr." Untuk bisa pantas mendapat laillatul Qadr, kita perlu menghapus kebiasaan-kebiasaan buruk selama ini, perbanyak beramal , dan berzikir kepada Allah SWT, Insyaallah kita bisa mendapatkan malam kemulian tersebut.                                                                                                                

Kajian kali ini sebagai reminder untuk para peserta yang mengikuti, bahwa bulan Ramadhan kali ini sudah mau berakhir, Dan  peserta dianjurkan dapat meningkatkan ibadah di 10 malam terakhir Ramadhan. Dan juga harapan panitia IROSI terhadap acara kemarin  " harapan saya semoga peserta yang ikut dapat mengenal lROSI lebih baik lagi." Ujarnya.

Penulis :

Yuminadian , SMK Bina Husada Mandiri Bekasi. 

JURNALISTIK MUDA KOTA BEKASI

Penanggung jawab       : Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat

Penasehat                      : Ir.H. Asep Arwin Kotsara, M.Eng

Pembina                        : Kokom Komariah S.Si

Pimpinan Redaksi        : Guntara. S.Kom

Tim Liputan                  : Tim Jurnalistik Muda Kota Bekasi Generasi 9



Share on Google Plus

About Swara Siswa

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar