Era Pandemi, Pelajar Bekasi Gabung OREO ”Be Fun Be Productive”.


TREND Indonesia dan Empat OPEL (Organisasi Pelajar) IKOSI, IROSI, GENOSI dan JMKB kembali “membangunkan”para pelajar melalui webinar OREO “Open Rekruitment“ pada ahad (21/11/2020). Membangun kesadaran pelajar B2FB “Be Fun Be Productive”, mengajak terus produktif dan berkontribusi meskipun kondisi banyak keterbatasan karena pandemi. Terlebih empat opel ini sudah ada hampir 11 tahun di Kota Bekasi. Empat OPEL tersebut, IKOSI (Ikatan OSIS Kota Bekasi), IROSI (Ikatan Rohis kota Bekasi), JMKB (Jurnalis Muda Kota Bekasi), dan Genosi (Generasi OSIS Kota Bekasi).

Era pandemi 2020 ini, banyak tantangan dihadapi pelajar. Belajar secara jarak jauh membuat para pelajar jenuh dan tidak produktif, leyeh-leyeh di rumah, bingung dengan kondisi serba terbatas terlebih aktivitis organisasi.

Webinar ini menghadirkan Direktur Trend Indonesia Asep Arwin Kotsara,M.Eng, Anggota Komisi IV DPRD Kota Bekasi Latu Har Hary, S.Sn serta pemateri Dr.Gena Bijaksana.

Dalam sambutan dan motivasinya, kobarkan semangat selamatkan Indonesia disampaikan Ka Asep Arwin.” Peran Pemuda sangat berarti bagi kemajuan bangsa, generasi muda yang produktif dan peduli dengan kondisi sekitar. Pelajar harus terus positif dan menebar manfaat. Sejarah telah mengukir peran pemuda bagi kemerdekaan Bangsa dan menyelamatkan Bangsa dari kondisi terjajah, Selamatkan Indonesia. ”ujar Ka Asep Arwin,M.Eng peraih beasiswa pendidikan jepang dalam sambutannya. 

Komisi IV DPRD Kota Bekasi, bang Latu Har Hary biasa disapa, harapannya kegiatan positif ini dapat melahirkan calon pemimpin masa depan, generasi emas yang tumbuh dari empat opel. Beliau juga menekankan agar pelajar terus aktif berorganisasi untuk menimba pengalaman. Sebelas tahun merawat organisasi pelajar merupakan hal yang sangat luar biasa untuk calon pemimpin masa depan. 

“Dengan adanya pandemi kita tetap bisa berorganisasi, mudah caranya kita dapat pindah ke online. Saya akan memberikan tips ciri khusus pemimpin produktif, kuncinya hanya satu jangan mudah baperan dan dalam berorganisasi kita juga harus aktif dengan itulah kita dapat memanajerial suatu organisasi,” ungkap Ka Gena selaku pemateri.

Ka Gena sosok teladan bagi pelajar, selain organisatoris sebagai mantan Presiden Mahasiswa UNPAD juga peraih beasiswa S2 dan S3 Universitas terkemuka di Indonesia. “Pengembangan pemimpin dan kepemimpinan itu harus memiliki berbagai human capital dan sosial capital, misalnya rasa percaya diri dan saling menghormati. Nah, berorganisasi kita saling belajar dan mencari pengalaman. Memudahkan kita dalam membuka jaringan”, ujar ka Gena juga Direktur FOCUS,Bekasi.

Agar menarik minat pelajar join opel, Alumni 4 opel juga memberikan testimoni, menyampaikan pengalamannya selama berorganisasi, kaka-kaka alumni yang hadir,yaitu:

1. Riza Wahyudi alumni IKOSI ( Ikatan Osis se-Kota Bekasi )

2. Praditiyo alumni IROSI ( Ikatan Rohis se-Kota Bekasi )

3. Najmi Ismail alumni JMKB ( Jurnalistik Muda Kota Bekasi )

4. Ia Refyta Shafyra alumni GENOSI ( Generasi Osis se-Kota Bekasi )


Peserta ini merupakan calon pengurus yang telah mengisi form registrasi online. Ratusan pelajar telah mendapatkan ilmu dan pencerahan melalui webinar ini. Diakhiri perkenalan tentang opel itu sendiri dari para pembina. ‘"Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada kaka panitia Trend Indonesia telah membuat seminar ini, semoga materi yang diberikan tadi dapat kami praktekkan kedepannya dalam berorganisasi," ungkap Rifa Aditya peserta seminar dari GENOSI.

Gabung yuk kawan-kawan di organisasi pelajar ini,cari tahu melalui media sosial pasti ada manfaat yang kamu dapat.

JURNALISTIK MUDA KOTA BEKASI 
Penanggung Jawab  : Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat  
Penasehat                    : Ir. H. Asep Arwin Kotsara, M.Eng  
Pembina                    1.Kokom Komariah, S.Si  
                                      2. Asep Nurhidayat, S.Pd.  
Pimpinan Redaksi  : Guntara. S.Kom  
Tim Liputan              : Tim Jurnalistik Muda Kota Bekasi Generasi 8 
Penyusun                   Tim Jurnalistik Muda Kota Bekasi (R)            

Share on Google Plus

About Swara Siswa

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar