Generasi Milenial “ Melek Politik “

Rekan Muda, jika ada pertanyaan siapa saja calon kepala daerah yang diusung di daerahmu?. Apa saja visi, misi dan program kerjanya dan kenapa kamu harus memilih calon tersebut.?. Mari..kita kupas kenapa harus turut berperan aktif pada tahun politik ini.

Generasi milenial adalah definisi demografi untuk mereka yang lahir pada tahun 1980-2000-an. Para ahli menganggap generasi ini berbeda dari sisi keyakinan religi, politik, interaksinya dengan teknologi, komunikasi, ekspresi dan lain sebagainya dari generasi-generasi SBX sebelumnya (Silent Generation 1928-1945, Boomer Generation 1946-1964, dan X Generation 1965-1980).  Generasi milenial umumnya dipandang sebagai individu kreatif, mandiri dan cerdas. Mereka yang lahir setelah tahun 1990-an hidup dalam dunia teknologi dan informasi yang sangat intensif. Gadget (telepon pintar) komputer, tablet, atau smart watch menjadi ciri-ciri dari generasi milenial. Mereka sangat mandiri dan tidak tergantung lagi perjumpaan untuk mengekspresikan gagasannya atau mengetahui perkembangan jaringan sosialnya. Ruang dan waktu untuk berkomunikasi tidak lagi menjadi hambatan karena semua dapat diatasi dengan WhatsApp, Instagram, atau Facebook.

Kemajuan teknologi itulah, Generasi milenial masih sedikit yang berpandangan terbuka akan kondisi politik kekinian dan mengkritisi apa yang terjadi di negara ini. Berbagai survey masih memperlihatkan kecilnya angka generasi milenial yang sadar dan minat terhadap politik. Peran generasi milenial sangat berperan terhadap kemajuan bangsa.

Pemuda tidak boleh ketinggalan dengan informasi dalam dunia politik. Karena arus perkembangan politik sangat berpengaruh terhadap keadaan dan perkembangan negara. Sebagai Generasi penerus bangsa dan calon pemimpin masa depan, remaja diharapkan mampu memberikan peranannya terhadap politik. Berpartisipasi secara professional dan bertanggungjawab oleh remaja, diharapkan nantinya akan memberi ide-ide baru yang membawa bangsa pada perubahan yang lebih baik.
Pemuda perlu mendapat pemahaman tentang makna politik yang sesungguhnya, bukan politik praktis yang di praktekkan oleh politisi saat ini. Pemahaman dan pola pikir pemuda terhadap politik harus diluruskan, bahwa politik itu untuk memenuhi kebutuhan rakyat bukan untuk mencari kekuasaan dengan mengorbankan kepentingan umum.

Pentingnya ikut berkontribusi dalam pesta demokrasi :

1.  Regenerasi Kepemimpinan Bangsa

2. Poltik sangat berpengaruh terhdap keadaan dan perkembangan negara

3. Memberikan ide-ide baru pada perubahan bangsa yang lebih baik
4. Politik bukan hanya untuk mencari kekuasaan tetapi memperjuangkan nilai dan kebaikan Bangsa.

Jadi,..mari kita ketahui calon kepala daerah disekitarmu, ketahui visi,misi dan programnya. Pilih calon yang sudah kamu kenal dan ketahui track recordnya. Jangan salah pilih, alih-alih memilih ternyata salah memilih. Dukung dan manfaatkan hak suara kamu untuk kemajuan daerahmu.(R)




JURNALISTIK MUDA KOTA BEKASI


Penanggung Jawab : Dinas Pendidikan Prov. Jawa Barat

Penasehat : H. Asep Arwin Kotsara, M.Eng

Pembina : Kokom Komariah, S.Si

Pimred : Guntara, S.Kom

 

Share on Google Plus

About Swara Siswa

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.