JMKB BERBAGI, BERBAGI BERKAH DI TAMAN QURANI TAMBUN

JMKB BERBAGI, BERBAGI BERKAH DI TAMAN QURANI TAMBUN

Jurnalistik Muda Kota Bekasi (JMKB) menggelar acara "JMKB Berbagi" pada program ramadhan 1444 H bertempat di Panti Asuhan Taman Qur'ani Yatim dan Dhuafa pada Minggu, (16/4/23)

JMKB BERBAGI adalah event  tahunan dari Organisasi Jurnalistik Muda Kota Bekasi (JMKB) yang bertujuan untuk menanamkan rasa saling peduli terhadap sesama. Maksud dan tujuan yang ingin dicapai dalam penyelenggaraan JMKB BERBAGI, adalah sebagai berikut :

1. Meningkatkan Rasa peduli terhadap sesama

2. Memberikan kesempatan belajar bersosialisasi

3. Mendorong, membimbing serta mengarahkan untuk peduli terhadap sesama

Kegiatan tersebut dilaksanakan satu hari penuh dengan berbagai macam kegiatan yaitu Bakti sosial, berupa pemberian santunan dan bingkisan bingkisan diselingi "story telling" dan games. Anak-Anak Panti Asuhan Taman Qur'ani Yatim dan Dhuafa sangat senang dan antusias mengikuti Games seputar ramadhan dan Lailatul qodr.

Selanjutnya, JMKB juga melakukan wawancara dengan Ketua Yayasan Taman Qur'ani Yatim dan Dhuafa,Bapak Farhan fauzi mengungkapkan pengelolaan panti selama berjalan.

"Jadi sebetulnya panti ini diatas tanah pengairan, meski sempat kena tipu makelar tanah tapi panti mampu bertahan sampai saat ini".

 Taman Qurani tambun merupakan cabang ketiga dan menampung puluhan anak2 yatim dan dhuafa dari berbagai daerah. Bahkan, ada salah satu anak yang dibiayai oleh pihak panti hingga mengenyam pendidikan tinggi dan mendapatkan gelar sarjana juga 2 santriwati yang mualaf dari NTT, anak yatim duafa dari medan, dll.

Mereka hadir ke Taman Qurani pun pembiayaan difasilitasi panti. Meski pengelolaan sangat sederhana dan fasilitas terbatas, Taman Qurani mendapat wakaf dari donatur seperti  penyulingan air minum. Dengan keterbatasan, terdapat santri yang mampu menghafal Al-Qur'an sampai 12 Juz.

Keseharian mereka tidak lepas dari pembelajaran Al-Qur'an, meski mereka mengenyam sekolah umum. Tetapi, panti mampu membayar iuran sekolah santri.  Sampai saat ini, Pembina santri tidak lebih dari 5 orang, bahkan ada pembina pengabdian, alumni santri," ucap Pak Farhan Fauzi selaku Ketua Yayasan.

Lebih lanjut, Salma Afifah, menceritakan kegiatan selama ramadhan. "Pukul 2 kami sudah bangun untuk melaksanakan tadarus, dari situ kita tunggu sampai jam 4 kemudian sahur dan sholat subuh berjamaah," kata Salma Afifah.  Salma menambahkan, setiap pagi melaksanakan briefing di halaman luar lalu setiap anak anak menyetorkan hafalan pagi dan piket. Kemudian mandi, pagi pukul 8-10 lanjut dzikir pagi," kata Salma santri panti.

"Setelah itu kita istirahat hingga jam 12 siang, lanjut Dzuhur berjamaah dan tadarus kembali hingga jam 13.00,".tambah Salma. Jam 15.00  baru kita muter seperti tadi pagi sampai jam 19.00 barulah kita istirahat" Ujar Salma Afifah membagikan kegiatannya selama bulan Ramadhan.

Senada dengan Pak Farhan Fauzi, Salma Afifah memberikan apresiasi dengan kegiatan JMKB BERBAGI,  "Untuk acara JMKB sangat menghibur banget 1000%," Ucap Salma Afifah dJMKB BERBAGIengan antuasias.

Nah, teman-teman bagaimana pendapatmu tentang kegiatan JMKB BERBAGI GEN-11 kali ini ?? Sampaikan pendapatmu melalui kolom komentar. Terima Kasih!!!

 

Penulis artikel : Calista Kirania Shaki ( SMAN 1 TAMBUN UTARA)
                            Arleta Noveria Celi    ( SMA KORPRI BEKASI)


JURNALISTIK MUDA KOTA BEKASI

 

Penanggung jawab     : Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat

Penasehat                    : Asep Arwin Kotsara, M.Eng

Pemimpin Redaksi      : Kokom Komariah, S.Si.

Pembina                       : Ahmad Bani, S.Pd.
                                        Salsabila Naqiyah, S.Si.
                                        Asep Nurhidayat, S.Pd
                                        Kokom Komariah, S.Si.


Instagram                    : @swarasiswa

Tim Liputan                : Tim Jurnalistik Muda Kota Bekasi Gen 11

Share on Google Plus

About Swara Siswa

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar