Memperingati Hari Lahir Pancasila

 


Tanggal 1 Juni setiap tahunnya merupakan hari libur Nasional sesuai dengan Keputusan Presiden (KEPPRES) Nomor 24 Tahun 2016 yang ditekankan oleh presiden Joko Widodo. Penetapan tersebut dilakukan sebagai momen untuk memperingati Hari Lahir Pancasila.

Peristiwa Hari Lahir Pancasila ini berawal dari sidang pertama Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) atau Dokuritsu Junbi Cosakai dalam bahasa Jepang. Sidang pertama BPUPKI ini dibuka pada tanggal 28 Mei 1945 dan berlangsung selama lima hari hingga tanggal 1 Juni 1945. Pada tanggal 1 Juni 1945, Soekarno menyapaikan gagasannya mengenai dasar negara di hadapan anggota BPUPKI pada sidang keduanya. Soekarno menyampaikan pidatonya yang diberi judul oleh Radjiman Wedyodiningrat “Lahirnya Pancasila”. 


Kemudian BPUPKI membentuk panitia sembilan untuk merumuskan dan menyusun Undang-Undang Dasar yang berpedoman terhadap pidato Soekarno tersebut. Tokoh panitia sembilan terdiri atas Soekarno, Mohammad Hatta, Achmad Soebardjo, Wahid Hasyim Mr. AA. Maramis, Abikoesno Tjokrosoejoso, Abdul Kahar Muzakir, Agus Salim, dan Mohammad Yamin.

Pada 22 Juni 1945, Pancasila dirumuskan ke dalam Piagam Jakarta. Pada 18 Agustus 1945, Pancasila ditetapkan sebagai dasar negara Indonesia dalam sidang BPUPKI.

Sejarah Lahirnya Pancasila ini menjadi peristiwa yang wajib untuk diingat diamalkan oleh setiap masyarakat Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.


Dalam sidang BPUPKI, Bung Karno mengemukakan lima konsep dari Pancasila. Lima konsep yang dikemukakan tersebut antara lain: Kebangsaan, Internasionalisme, Permusyawaratan, Kesejahteraan, Ketuhanan.

Adapun kita sebagai generasi milenial dan penerus bangsa menerapkan sikap yang mencerminkan Undang-Undang Dasar 1945, dan Pancasila. Seperti contoh mengikuti Upacara Bendera sebagai bentuk memperingati Hari Lahir Pancasila, rukun dengan sesama, selalu menghargai dan mendahulukan pendapat orang lain. 





Team Swara Siswa

Penulis : Juliani Khair (SMKN 1 Kota Bekasi)            

Editor   : Ria (Pembina JMKB)

Picture : JatimNetwork

                 DetikNews

                 suara.com

Instagram : @swarasiswa


Share on Google Plus

About Swara Siswa

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

2 komentar: