Junk Food dan Kesehatan Kita


Perkembangan zaman dan kemajuan teknologi memungkinkan kita untuk melakukan berbagai hal dengan lebih cepat dan efisien. Hal ini membuat masyarakat modern menginkan segala sesuatu yang serba cepat dan instan, termasuk dalam hal makanan. Oleh sebab itu, fast food atau makanan cepat saji muncul sebagai salah satu bentuk modernisasi di kalangan masyarakat. Namun, banyak dari fast food yang sering kita konsumsi termasuk dalam kategori junk food atau makanan rendah nutrisi. Apa sebenarnya dampak junk food bagi kesehatan?
            Junk food merupakan istilah untuk menggambarkan makanan dengan kadar gizi yang minim dan cenderung tidak baik bagi kesehatan. Makanan yang dikategorikan sebagai junk food pada umumnya merupakan makanan dengan kadar lemak jenuh, gula, garam, dan jumlah kalori yang besar. Tak heran jika mengkonsmsi junk food dalam jumlah yang besar dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan, antara lain :
1.  Obesitas : Obesitas atau kegemukan adalah kondisi dimana terjadi penumpukan lemak dalam tubuh yang melebihi batas normal. Kandungan lemak dan kalori pada junk food, apabila melebihi batas yang dibutuhkan tubuh, dapat menumpuk dan menyebabkan obesitas.
2.  Meningkatkan resiko serangan jantung : Junk food memiliki kandungan lemak yang tinggi. Apabila dikonsumsi dalam jumlah besar dan jangka waktu panjang, lemak tersebut akan menyumbat aliran darah sehingga dapat meningkatkan resiko serangan jantung.
3.  Meningkatkan resiko penyakit kanker : Bahan – bahan kimia yang ditambahkan dalam junk food seperti pengawet, pemanis buatan, dan perasa buatan dapat memicu tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh kita.
4.  Diabetes : Kadar gula yang tinggi ditambah dengan gula tambahan membuat junk food menjadi salah satu penyebab diabetes. Ketika kita mengkonsumsi junk food, terjadi gangguan metabolisme sehingga mempengaruhikinerja hormon insulin yang menjaga kadar gula darah dalam tubuh.
5.  Mudah Lelah : Junk food mengandung kadar nutrisi yang rendah, sehingga apabila kita terus menerus mengkonsumsi junk food kita akan mudah merasa lelah karena tubuh kita tidak mendapat cukup nutrisi untuk beraktivitas.

Selain yang telah disebutkan di atas, masih banyak dampak buruk lain dari mengkonsumsi junk food secara berlebihan. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika mulai hari ini kita mengurangi konsumsi junk food dan menggantinya dengan makanan sehat. Berikut ini akan kita bahas tentang makanan sehat pengganti junk food :
1.  Burger – Sandwich Gandum
Sandwich dapat menjadi pengganti burger yang lebih sehat. Roti gandum memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, dan lebih mudah dicerna oleh tubuh. Jangan lupa tambahkan sayuran segar ke dalam sandwich untuk mendapatkan kandungan serat.
2.  Gorengan - Salad
Masyarakat Indonesia umumnya sering mengkonsumsi berbagai macam gorengan sebagai camilan. Padahal, gorengan termasuk dalam kategori junk food, lho! Salad dapat menjadi camilan alternatif pengganti gorengan yang menyehatkan. Sayuran mengandung berbagai macam vitamin yang bermanfaat bagi tubuh. Selain itu, sayuran juga mengandung serat yang baik bagi pencernaan. Selain lebih sehat, salad juga memiliki rasa yang tak kalah lezat dibanding gorengan.
3.  Minuman Bersoda - Susu
Minuman bersoda memiliki kadar gula dan kalori yang sangat tinggi. Tentu, minuman ini tidak baik bagi kesehatan. Kita dapat mengganti minuman bersoda dengan susu, apalagi akhir-akhir ini banyak beredar susu dengan berbagai rasa yang tak kalah lezat dibanding soda.
4.  Mie Instan – Mie Sayuran
Mie instan mengandung pengawet dan perasa makanan sehingga kurang baik apabila dikonsumsi terus-menerus. Untuk menggantikannya, kita dapat membuat mie sayuran yang resepnya dapat dengan mudah kita dapatkan dari internet maupun buku-buku resep.
5.  Ayam Krispi – Sup Krim Ayam
Ayam krispi mengandung lemak jenuh dalam jumlah yang besar. Jika dkonsumsi terus-menerus dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Untuk menggantikannya, kita dapat mengolah ayam menjadi sup krim. Sup krim mengandung susu dan sayuran, sehingga kaya akan nutrisi dan tentunya menyehatkan.





By : Olivia Puspita Dewi - SMAN 1 Bekasi
Share on Google Plus

About Swara Siswa

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.